Quantum Learning

Apa itu metode pembelajaran? seberapa penting sebuah Metode dalam pembelajaran?

Menemukan metode belajar yang tepat, efektif dan dapat menghasilkan life skill adalah PR yang sangat besar bagi seorang guru. Selain hal-hal tersebut diharapkan pemilihan metode juga dapat mengandung kepraktisan dalam penerapannya. Tujuan utama dari penggunaan metode pembelajaran adalah untuk membantu peserta didik agar dapat merespon, bergairah dalam menjalankan serta menghadapi tantangan hidup melalui proses pembelajaran.

Hal yang paling berharga dalam belajar adalah "Bagaimana cara belajar?" di mana guru mulai memikirkan apa yang diperlukan anak-anak kemudian memikirkan program yang memiliki kombinasi antara pertumbuhan rasa percaya diri, keterampilan belajar, dan kemampuan berkomunikasi dalam suatu lingkungan yang menyenangkan. Selain itu, menanamkan keyakinan bahwa belajar adalah hal terpenting dalam menjalankan kehidupan, selain nilai yang baik yang terpenting dari belajar adalah menikmati belajar, memotivasi diri adalah faktor terpenting dalam hidup.

Quantum Learning, quantum learning adalah metode belajar yang juga bisa menjadi pilihan para guru untuk meningkatkan semangat belajar siswa. metode Quantum Learning adalah gabungan penerapan bermain dan belajar secara seimbang agar menyenangkan dalam menerima materi.

Konsep Pembelajaran Metode Quantum Learning 

Metode pembelajaran menggunakan Quantum Learning memusatkan perhatian siswa pada saat proses pembelajaran ke arah pembetukan keterampilan akademis, keterampilan life skill, dan prestasi non akademik. semua hal tersebut harus dikelola secara seimbang dan tidak berat sebelah. Oleh karena itu, diperlukan kurikulum khusus yang disusun menyesuaikan dengan metode ini agar ketiga konsep (keterampilan akademis, keterampilan life skill, dan prestasi non akademik) dapat terwujud dengan harmonis.

Pada Quantum Learning yang menjadi fokus utama adalah siswa, sehingga siswa dituntut untuk aktif dalam proses pembelajaran dan guru bertugas untuk memahami setiap pribadi siswa dan cara belajar siswa tersebut. Terdapat dua alur dalam melaksanakan proses Quantum Learning 

Peta Konsep 

Peta konsep atau yang lebih dikenal dengan map mapping merupakan kerangka berfikir yang digunakan untuk menyampaiakan ide atau gagasan dengan terstruktur. Dalam proses pembelajaran Quantum Learning peta konsep digunakan untuk menunjukan sebuah ide yang dituangkan dalam bentuk gambar atau grafik dan pastinya menarik dan dapat membuat fokus dari siswa lebih terarah.

Baca Juga: Mind Mapping 

Teknik Memori 

Teknik memori akan membuat siswa belajar mengingat setiap kata atau kalimat yang diucapkan namun dengan menggunakan sistem permainan teknik ini akan melatih imajinasi, melatih plesetan kata, lokasi dll.

Langkah-langkah Metode Pembelajaran Quantum Learning 

Metode Quantum Learning memiliki langkah-langkah dalam penerapannya seperti berikut:

  1. Berfikir: Langkah ini menggunakan hukum sebab akibat, dimana siswa mulai berfikir "apa gunanya belajar? apa keuntungannya bagi mereka belajar?" pada saat siswa berfikir akan hal demikian diharapkan guru untuk memberikan motivasi belajar dan menjawab rasa penasaran dari pertanyaan tentang manfaat apa saja setelah mempelajari materi.
  2. Lingkungan belajar: Buatlah lingkungan belajar yang nyaman, gunakan bahasa yang mereka mudah memahami dan kaitkan dengan keseharian siswa.
  3. Menghargai: untuk lebih memacu semangat belajar siswa biasakan untuk membut mereka dihargai biasakan memberikan respon atau pujian atas apa yang mereka lakukan.
  4. Membiasakan mencatat dan membaca: Meskipun metode ini menggunakan bermain sebagai kegiatan utama tapi tidak selalu bermain dan berlalu begitu saja. Siswa juga diminta untuk memberikan tanggapan dari kegiatan yang sudah dilakukan dengan mencatat dan membaca.
  5. Menjadikan anak Kreatif: dalam proses belajar menggunakan Quantum Learning siswa diminta untuk aktif dalam kegiataan belajar agar mereka memiliki kemampuan dan berani dalam menyampaikan ide-ide.
  6. Melatih kemaampuan memori anak 

Kelebihan dan Kekurangan Quantum Learning 

Kelebihan

  1. Quantum Learning lebih berfokus pada interaksi yang intens dan bermakna 
  2. Quantum leaarning sangat memfokuskan siswa pada akselerasi pembelajarana yang tinggi 
  3. Pembelajaran dengan Quantum Learning berpokok pada kenaturalan dalam pembelajaran, bukan hal yang dibuat-buat
  4. Pembelajaran ini sangat menghargai perbedaan dan kebebasan
  5. Nilai atau apa yang dipercaya siswa merupakan hal utama dan sangat dipentingkan dalam aktifitas pembelajaran.

Kelemahan

Proses pembelajaran menelan waktu yang tidak sedikit karena siswa harus memiliki motivasi belajar terlebih dahulu, karena guru diharuskan untuk memahami dan menganalisis keahlian dan cara belajar setiap siswa.


Semoga Bermanfaat

No comments:

Featured Post

Materi 6: RAGAM HIAS PADA WASTRA INDONESIA

Powered by Blogger.