MIND MAPPING

Mind Mapping 

Kuliah pagi ini akan aku jelaskan tentang Mind Mapping dalam membuat karya tulis, menuangkan ide dalam bekerja maupun belajar, bagi sebagian orang mungkin akan bertanya-tanya apa itu mind mapping? seberapa penting mind mapping? atau mungkin ada yang sama sekali tidak tahu tentang mind mapping. 

Nah lho...sebenarnya apa itu mind mapping?. kenapa penting banget sich saat kuliah memahaami mind map

Jadi begini guys, Mind Mapping merupakan "kerangka berfikir" dalam bentuk visual dengan menggunakan garis dan bagan. Terkadang setiap aku akan menjelaskan sebuah materi atau sebuah ide kepada orang lain aku akan menggunakan mind mapping agar lebih mudah dipahami karena mind mapping dinilai sebagai teknik yang paling baik untuk membantu proses berfikir dan memahami sebuah materi bahkan mind mapping juga dijadikan oleh sebagian orang untuk mencari informasi baru di mana teknik ini mampu menguraikan tema besar menjadi mudah dipahami dan memahami konsep menyeluruh.

Selain digunakan sebagai penjabaran tema. Mind mapping juga digunakan dalam beberapa aktifitas bisnis, persentasi dan pendidikan. Berikut rangkuman terkait fungsi dari Mind mapping 

  1. Dalam bidang pendidikan Mind mapping secara tidak langsung memaksakan pendengar menghubungkan berbagai informasi atau ilmu di dalam tema besar. Akhirnya, pembelajaran menjadi lebih mudah dan tidak membosankan serta menjadi lebih dapat dipahami. karena pada dasarnya fungsi dari Mind mapping adalah memahami dengan mudah informasi yang ingin disampaikan.
  2. Meningkatakan produktifitas menggunakan Mind mapping. Visualisasi yang ada pada Mind mapping memudahkan pendengar mengerti setiap penjabaran ide baru yang diberikan. Visualisasi menggambarkan secara detail pikiran dari pembicara agar lebih mudah dipahami dan semakin baik serta produktif.
  3. Membantu meningkatkan kreatifitas. pernahkah kalian berfikir bahwa Mind mapping dapat membantu meningkatkan krativitas? berikut jawabannya; Mind mapping terdiri atas garis dan bagan yang digunakan dalam menjelaskan sebuah ide dan materi. sekilas garis dan bagan tersebut akan terlihat seperti peta, kamu bisa menambahkan gambar, simbol, dan warna yang menarik. Proses inilah yang merangsang kerja otak bagian kanan untuk berkreativitas.
apa itu mind map

Jadi, sebelum membuat Mind mapping berikut ini akan dijabarkan cara membuat Mind mapping agar hasil dari Mind mapping yang dibuat lebih maksimal.

  1. Pemilihan media; Pilihlah media seuai dengan tema yang kamu angkat dan yang pasti yang kamu suka dan nyaman. bisa berupa kertas, papan tulis, komputer. buatlah draft agar Mind mapping lebih rapi.
  2. Menentukan tema dan sub-tema; Saat ingin membuat cabang Mind mapping pilihlah terlebih dahulu kearah mana cabang sub-tema akan diarahkan apakah dari sudut media kesamping, dari tengah media kemudian menyebar atau kebawah media.
  3. Agar terlihat lebih mudah dipahami gunakan warna-warna yang sesuai sebagai penekanan dan gambar-gambar agar terlihat lebih indah dan mudah dipahami. Namun, tetap memperhatikan tujuan dari pembuatan Mind mapping agar pembaca tidak kebingungan dan lebih mudah memahami 

sekian penjelasan tentang apa itu Mind mapping pada postingan ini. Berikutnya akan aku buatkan contoh dari pembuatan Mind mapping berdasarkan thesis yang aku buat. 


SEMOGA BERMANFAAT 

No comments:

Featured Post

Materi 6: RAGAM HIAS PADA WASTRA INDONESIA

Powered by Blogger.