PENGANTAR MULTIMEDIA

PENGANTAR MULTIMEDIA 

Kuliah pagi ini kita akan memasuki materi  tentang MULTIMEDIA, yang diawali dengan pemahaman pada pengantar multimedia yang membahas materi pengertian multimedia dan elemen-elemen pada multimedia. 

Pengertian 

Multimedia diartikan sebagai beragam atau banyak media yang digunakan untuk sarana komunikasi. Dalam kegiatan pembelajaran sendiri multimedia juga memiliki peran penting untuk meningkatkan materi pembelajaran yang disampaikan agar materi dapat tersampaikan dengan baik. Multimedia dalam pembelajaran terus berkembang sesuai dengan zaman berdasarkan teknologi yang tersedia. 

Berikut ini adalah defenisi multimedia berdasarkan para ahli/pakar;

  1. Xie )1997), Multimedia melibatkan integrasi teks, grafis, gambar (diam atau bergerak, animasi, suara) media lain yang dikendalikan oleh computer dimana setiap jenis informasi direpresentasikan, disimpan dan ditransmisikan dan diproses secara digital.
  2. Mayer (2001) Multimedia adalah penyajian kata (seperti teks tercetak atau teks lisan) dan gambar (seperti ilustrasi, foto, animasi, atau video)
  3. Elsom-Cook (2001) Multimedia adalah kombinasi berbagai saluran komunikasi untuk menyajikan teks, grafik, audio, dan video dengan tautan dan alat yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi, membuat bernafigasi dan berkomunikasi.
  4. Multimedia disebut efektifitas dalam pendidikan karena multimedia memberikan kemudahan dan fasilitas dalam pendidikan dengan multimedia, peserta didik dapat memperoleh informasi baru. (Genc, Osman ilhan dan sahin, 2016)
  5. Janer simarmata dan Mujiarto (2019) multimedia adalah media yang digunakan dari berbagai bentuk konten informasi dan pemrosesan informasi (misalnya audio, grafik, dan video) untuk menginformasikan, menghibur atau mendidik pengguna. 

\
SARANA MULTIMEDIA

Elemen-Elemen Multimedia 

Dalam multimedia terdapat elemen-elemen yang harus dipahami seperti;

  • Teks-ASCII/Unicode, HTML, Postscript, PDF
  • Audio seperti Suara, music, ucapan, audio terstruktur (HDMI)
  • Gabar diam- Faksimili, foto, gambar pindahan, foto, menggambar, peta dan slide 
  • Video seperti film, rangkaian gambar
  • Grafik seperti gambar yang dihasilkan computer 
  • Animasi  seperti rangkaian gambar grafik 


No comments:

Featured Post

Materi 6: RAGAM HIAS PADA WASTRA INDONESIA

Powered by Blogger.