Pengertian Manajemen

 Konsep Dasar Manajemen 

A. Pengertian Manajemen

Kata management berasal dari bahasa inggris "manage" (to manage) yang berarti "to conduct or to carry on, to direct" (webster super New School and office Dictionary). Menurut KBBI kata Manage diartikan sebagai "mengurus, mengatur, melaksanakan, mengelola" dimana "proses penggunaan sumberdaya secara efektif untuk mencapai sasaran. 

Sementara itu, banyak para ahli yang telah mengungkapkan pengertian dari manajemen:

Sondang P. Siagian (1997) manajemen dapat di definisikan sebagai kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain dengan demikian dapat pula dikatakan bahwa manajemen merupakan alat pelaksana administrasi. 

De Cenzo & Robbin (1999) management is the process of efficiently achieving the objectives of the organization with and through people 

Storner berpendapat bahwa manajemen merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan anggota dengan menggunakan sumber daya yang lain untuk mencapai tujuan yang diinginkan


setelah melihat beberapa pengertian dari manajemen di atas terlihat bahwa perbedaan hanya berada pada titik tekan dalam penyampaian namun prinsip dasarnya sama, yakni seluruh aktifitas atau kegiatan yang dilakukan adalah dalam rangka mencapai suatu tujuan dengan memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada. Selain itu, berdasarkan pada pengertian tersebut terdapat beberapa poin penting:

  1. Manajement merupakan suatu kegiatan 
  2. Manajemen menggunakan atau memanfaat pihak-pihak lain 
  3. Kegiatan menejemen dilaksanakan untuk mencapai suatu kegiatan tertentu. 


Setelah memahami tentang pengertian manajemen, dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen sangat diperlukan untuk keberhasilan suatu kegiatan terutama kegiatan dalam bidang pendidikan sepertihalnya sekolah. Sekolah akan sangat membutuhkan manajemen untuk mengatur/ mengelola kerjasama yang terjadi agar dapat berjalan dengan baik dalam mencapai tujuan, untuk itu pengelolaan mesti berjalan sistematis melalui tahapan-tahapan dengan diawali oleh suatu rencana sampai tahapan berikutnya dengan menunjukan suatu keterpaduan dalam prosesnya, dengan mengingat hal itu, maka makna pentingnya manajemen semakin jelas bagi suatu kegiatan agar dapat berjalan dengan baik dan sempurna.


Manajemen dalam Organisasi


Jika menganalisis dari pengertian manajemen yang telah dibahas di atas, maka terdapat empat aspek penting dari manajemen, yaitu: 

  • adanya seseorang atau sekelompok orang yang mengarahkan segala aktivitas 
  • adanya tujuan yang ingin dicapai, yaitu tujuan organisasi 
  • adanya proses untuk mencapai tujuan 
  • adanya aktifitas yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan pendekatan, teknik-teknik, dan berbagai sumber daya yang ada (manusia/SDM, Dana/Finansial, peralatan dan perlengkapan atau sarana, serta informasi) untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efesian 

 

No comments:

Featured Post

Materi 6: RAGAM HIAS PADA WASTRA INDONESIA

Powered by Blogger.