DESAIN ELEMENTER TRIMATRA Menjadi "CRAFTSMANSHIP"

 DESAIN ELEMENTER TRIMATRA 

Menjadi "CRAFTSMANSHIP"


Mari kita pahami dulu apa itu craftsmanship...😉

Craftsman adalah seorang yang memiliki “keahlian” dan dikenal juga dengan craftsmanship. Selain itu, dalam dunia kerajinan juga ada istilah power of craftsmanship  yakni membawa semangat keahlian sesuai denga passion atau bidang yang digelutinya (seniman). Bill Johnson berpendapat, didalam aspek “keahlian” itu terkandung prinsip kreativitas dan kebaruan (inovasi). dalam bukunya Bil Johnson juga menyebutkan “dreaming with god” dimana istilah craftsman sebagai orang yang mengerjakan pekerjaan atau tugas yang diberikan Allah dengan kualitas unggul (excellence) penuh kreativitas dan integritas. 

Berdasarkan pemahaman tersebut, maka craftsman merupakan seorang yang memiliki “keahlian” atau disebut craftsmanship dan membawa semangat keahlian (power of craftsmanship) dalam berbagai bidang yang disenangi dan dikerjakan dengan penuh kreatifitas dan integritas dan hal yang harus kalian ingat adalah bedakan antara pengerajin dengan craftsmanship

Kerajinan adalah hasil karya seniman 

Pengerajin adalah orang yang memperanyak hasil karya seniman

Craftsmanship adalah seorang seniman yang melakukan pembaharuan atau menginovasi sebuah objek 

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kita akan memahami salah satu jenis karya kerajinan craftsmanship dimana kalian akan diminta mengembangkan kreativitas, inovasi serta imajinasi. 

desain elemeter trimatra 1

desain elementer trimatra 3



Pada pertemuan kali ini hingga akhir nanti kalian diminta untuk menjadi seorang Craftsmanship dengan objek yang akan dikembangkan adalah celana atau rok (bawahan busana), gunakanlah prinsip-prinsip seni yang sudah kalian pelajari serta teknik dan inovasi desain karya berdasarkan pada pengalaman tugas-tugas 9 pekan lalu. berikut ini adalah syarat dan ketentuan kerjanya.


desain elementer 2

 

Syarat dan Ketentuan Tugas Desain Elementer Trimatra 

Objek Kerja 

  • Celana 
  • Rok 
(silahkan pilih salah satu)


Alat dan Bahan

Gunakan alat dan bahan bebas dengan syarat (kwalitas ketahana bahan terjaga) tidak mudah hancur bisa dengan dijahit atau dilem menyesuaikan dengan bahan yang dipakai 

note: tidak boleh memberikan warna tambahan/gunakan warna alami dari bahan yang digunakan 


Ketentuan: 

  • setiap bagian dari objek yang dipih dibagi menjadi 8-9 (max; 30x30) bagian untuk dikerjakan perminggunya.
  • setiap minggu hasil di foto dengan memakai objek yang dibuat serta foto detail karya dan penjelasan bahan yang dipakai pada caption ig kelas.



Selamat memahami dan berinovasi...😊


SEKIAN 
TERIMAKASIH 





No comments:

Featured Post

Materi 6: RAGAM HIAS PADA WASTRA INDONESIA

Powered by Blogger.