Seni dan Estetika: Memahami Apresiasi Seni, Penghayat Seni dan Seniman

Seni dan Estetika: Memahami Apresiasi Seni, Penghayat Seni dan Seniman


Kali ini kita akan melanjutkan pemahaman filsafat seni dengan memahami beberapa hal;

Apa itu Apresiasi seni?

Apa itu Penghayat Seni? dan terakhir, 

Apa itu Seniman?


Penghayat Seni

Dalam mempelajari dan memahami seni dan estetika, setiap orang memiliki pemahaman yang berbeda hal tersebut bergantung pada relatifitas pemahaman yang dimiliki seperti halnya latar belakang budaya yang dijalani selama hidup. Pemahaman estetika dalam seni berdasarkan pelaksanaannya merupakan apresiasi seni. Apresiasi seni adalah proses sadar yang dilakukan oleh penikmat atau penghayat karya seni dalam menghadapi dan menghargai karya seni. Apresiasi menuntut kepekaan estetika dan keterampilan untuk mendapatkan sebuah pengalaman estetika (O. Smith dalam HB. Sutopo, 1987).

jadi, sebenarnya apa itu penghayat atau penikmat seni dan seniman?

Penghayat atau Penikmat Seni 

Penghayat atau Penikmat Seni merupakan seseorang yang sadar akan bentuk estetis, yang sanggup mewadahi dan memacu terciptanya beragam makna dengan nilai-nilainya pada sebuah karya. Berbekal dari pengalaman, penghayat seni mampu berperan sebagai pendukung pengembangan kehidupan seni. Penikmat seni yang baik akan selalu haus akan pengalaman estetis yang sanggup menggugah gairah kehidupan manusiawi dengan ragam kekayaan batin yang mendalam. Dengan pengalaman tersebut, manusia akan menjadi berbudaya dan mampu menjadi seniman yang terbuka. Seniman yang terbuka adalah seniman yang mampu melihat kemajuan zaman dan penikmat seni yang terbuka adalah penikmat yang akan menangkap informasi dari perkembangan zaman tentang perkembangan seni estetik. Adanya saling keterbukaan tersebut diharapkan dapat terciptanya karya-karya seni yang semakin berkembang memenuhi kebutuhan sejalan dengan kehidupan manusia dan perkembangan zaman, terutama kehidupan budaya yang semakin kaya akan ragam makna dan bentuk.  

Seniman 

Menurut Primadi(1980). Ada dua pengertian seniman 

  • Seniman sebagai profesi, merupakan seseorang yang menciptakan atau menyusun karya seni.
  • Seniman sebagai seseorang yang mengalami proses kreatifitas atau imajinasi, merupakan proses interaksi antara presepsi memori yang didapat dalam kehidupannya dengan presepsi luar yang didapat dari pengalaman luar budayanya. 

Jadi, berdasarkan pada pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa seniman selain sebagai seorang pencipta juga sekaligus sebagai seorang penghayat atau penikmat seni. Seniman yang menjadi penghayat/penikmat seni akan menanggapi sebuah karya dalam proses kreatif atau imaginasi karya tersebut dibuat. 

Hubungan antara penikmat seni dan seniman


mari pahami peran  seniman dan penghayat seni dalam apresiasi seni dan estetika dengan contoh !!

Misalkan dalam seni teater atau perfilm-an.


penghayat seni pada film


Ada beberapa istilah dalam menyebut seseorang sebagai “seniman” pada seni teater maupun perfilm-an

  • Seniman penyusun/penata; dikatakan sebagai seorang seniman penyusun atau penata dikarenakan seniman tersebut membuat mengontrol jalannya pembuatan film dari skenario dan memperoleh hasil yang dapat memuaskan penonton atau penikmatnya.
  • Seniman pemeran/penyaji/actor/aktris; dikatakan sebagai seorang “seniman pemeran/penyaji/actor/aktris” dikarenakan ketika membawakan peran mereka dituntut untuk membawakan karakter pada skenario dan mendalami peran tersebut hingga menjadi proses kreatif yang akan terlihat pada sajiannya dan dapat dirasakan pula pada penoton sebagai “penghayat seni” lainnya.


nah, untuk melihat pemahaman kalian terkait hubungan seniman dan penikmat seni serta apresiasi seni dalam seni dan estetika, coba jawab pertanyaan berikut ya

bagaimana kalian memahami peran seniman, penikmat seni dan apresiasi seni pada sebuah karya dua dimensi entah itu lukisan, poster dll?

tulis tanggapan kalian di kolom komentar ya?


Sumber

Kartika, S DHarsono. 2017. Seni rupa Modern. Bandung"Rekayasa Sains.


TERIMAKASIH 


33 comments:

  1. Muhammad Riyan Ramdani
    202146500014

    Tanggapan saya yaitu seniman yang membuat karya seni (lukisannya), lalu penikmat seni yang menikmati dan merasakan perasaan apa yang tertuangkan didalam lukisan tersebut, lalu apresiasi seni yaitu menilai dengan diri sendiri bagaimana hasil dari lukisan tersebut, indah atau tidaknya tergantung diri sendiri.

    ReplyDelete
  2. Atallah Zahran Wardhana
    202146500024

    Peran dalam karya 2dimensi:

    Seniman> Menciptakan sebuah karya dari pengalaman² emosinya.
    Penikmat seni> Berpartisipasi dalam mendukung perkembangan kehidupan dunia seni. Contohnya dengan mengapresiasi suatu karya seni.

    ReplyDelete
  3. Muhamad Turmiji
    202146500059

    Peran seniman adalah sebagai pelaku pencipta karya seni baik itu dua dimensi atau tiga dimensi. Apresiasi seni bentuk sadar penikmat/penghayat karya seni dalam menghargai karya seni. Sedangkan penghayat seni adalah seseorang yang sadar akan bentuk estetis pada sebuah karya seninya.

    ReplyDelete
  4. Agung Pranoto Jati
    No absen : 22

    Peran seniman dalam sebuah karya adalah seseorang yang dapat menyampaikan pesan atau perasaan yang terdapat dalam karya yang telah dibuat olehnya, jika pesan ataau perasaan tersebut tidak tersampaikan dengan baik maka pembuat karya tersebut tidak dapat disebut sebagai seorang seniman.

    Penikmat seni adalah orang yang menimkati sebuah karya dengan indra penghikahatannya dan disertai dengan sebuah apresiasi dari pengalaman estetika

    Sedangkan apresiasi seni adalah sebuah proses sadar yang dimana dilakukan oleh para penikmat atau pengamat seni yang dimana menghargai atau mengapresiasi sebuah karya. Hal ini menuntut kepekaan estetika dan keterampilan untuk mendapati pengalaman estetika

    ReplyDelete
  5. Nama : Yonen Gilang Persada
    NPM : 201946500046
    Kelas : R3A

    Seniman adalah seorang yang menciptakan seni itu sendiri untuk dinikmati oleh seorang penikmat atau pengamat seni, seniman sendiri menciptakan sebuah karya seni demi kepuasan semata untuk diri sendiri, namun terciptanya seorang pengamat seni sendiri adalah orang yang mempelajari seni baik dari ilmu filsaafat bahkan sampai ilmu seni modern, sehingga dalam menilai karya seni dari seorang pencipta/seniman harus benar-benar memiliki dasar seni yang mendalam.
    sedangkan apresiasi seni sendiri adalah seorang yang menilai bedasarkan estetika saja serta tidak perlu tahu secara mendalam ilmu dasar seni untuk menikmati atau mengamati karya seni dari seorang seniman, sehingga orang-orang seperti kita pada umumnya yang belum mengerti seni secara mendalam, bisa di sebut orang yang hanya mengapresiasi karya seni bedaskan keindahan tanpa tau prosses pembuatannya dan ilmu seninya secara spesifik.

    tetapi karya seni sendiri adalah suatu bentuk nyata yang dapat di nilai baik karya seni 2 dimensi maupun 3 dimensi, yang dimana kembali lagi kepada selera mata dan pemikiran manusia itu sendiri dalam menanggapi karya seni yang dilihatnya, bagus atau tidaknya suatu karya bedasarkan penilaian umum atau awam dalam menilai suatu karya seni, sedangkan berbeda dengan seorang pengamat yang harus mendetail dalam menilai prosses, teknik pembuatan, bahkan hasil dari seniman itu sendiri untuk menilai karya seni itu dapat dinikmati atau tidak dan diterima authentic/keasliannya dalam karya seni itu sendiri.

    ReplyDelete
  6. Firly Ariady
    202146500049
    Tanggapan saya mengenai hubungan dan peran apa saja yang dilakukan antara seniman dan penikmat seni yaitu.

    Seniman memiliki peran untuk menciptakan sebuah karya seni yang indah, spektakuler , menarik, estetis, intinya seniman harus bisa menciptakan karya seni yang bisa membangkitkan pikiran dan emosi estetis, oh ya seniman juga bisa menciptakan karya dimana karya tersebut dapat memberikan pengalaman estetis untuk seseorang.

    Sedangkan penikmat seni atau penghayat seni memiliki peran untuk menikmati sekaligus menganalisis seperti apa karya seni yang baik dan memiliki nilai estetis di dalamnya. Seorang penikmat seni biasanya memiliki selera dan pengetahuan yang tinggi terhadap sebuah karya seni, mereka bisa tau bagaimana bentuk karya seni yang estetis, dan dapat memberikan pengalaman estetis. Biasanya penikmat seni bisa memberikan apresiasi seni terhadap sebuah karya seni yang diciptakan oleh seniman.


    Intinya hubungan antara seniman, penikmat seni dan apresiasi seni ialah.

    Seniman dan penikmat seni merupakan subjek yang melakukan aktivitas apresiasi seni. Seniman dan penikmat seni dapat disatukan melalui apresiasi seni.

    ReplyDelete
  7. Nama : Hana Priskila Angelique
    NPM : 202146500071
    Kelas : R3A
    Peran seniman, penikmat seni dan apresiasi seni pada sebuah karya dua dimensi.
    - Seniman adalah yang menghasilkan karya selain itu juga sebagai penghayat seni, karena karya ini adalah karya 2 dimensi berarti seniman sebagai seseorang yang mengalami kreatifitas atau imajinasi dari proses interaksi memori dengan persepsi luar. Selain itu seniman ini harus mampu membuat penghayat atau penikmat merasakan/ makna pada karya tersebut.
    - Penikmat seni adalah seseorang yang sadar akan bentuk estetis dan memicu terciptanya beragam makna dengan nilai nilai pada sebuah karya atau mampu menangkap informasi. Namun tergantung dan tidak semua penikmat seni dapat merasakan pengalaman estetis kecuali penghayat seni yang sudah pasti meneliti atau menjiwai dan lain lain.
    - Apresiasi seni adalah proses sadar yang dilakukan penikmat atau penghayat karya seni dalam menghadapi karya tersebut, atau respon alami dari penikmat seni tersebut.

    ReplyDelete
  8. Dennise Quinines
    202146500043

    Menurut saya peran seniman biasanya menciptakan berbagai karya kreatif hasil dari pemikirannya yang panjang dan sarat akan nilai-nilai estetik. Peran aprisiasi sebagai penuangan perasaan yang dibuat pencipta , mau itu sedih atau bahagia dengan tujuan penikmatnya merasakan apa yang iya ingin sampaikan. Penikmatnya adalah sebagai apresiator dapat memetik pesan seniman melalui karyanya.

    ReplyDelete
  9. Alfian Hadi Riyanto
    202146500064

    Peran seniman, penikmat seni dan apresiasi seni pada karya dua dimensi adalah, seniman dalam karya dua dimensi yaitu orang yang membuat karya seni dengan menyampaikan tujuan atau rasa yang ingin disampaikan oleh seniman tersebut, lalu penikmat seni adalah orang yang menikmati seni dari hasil seniman, penikmat dan penghayat seni berbeda, dan tidak semua orang bisa mengapresiasi seni karena, tidak semua orang setiap saat melihat karya seni baik lukisan maupun poster dan apresiasi seni adalah orang yang memberikan apresiasi baik itu pujian maupun kritikan terhadap karya seni tersebut. Karena setiap orang punya pendapat masing-masing mengenai karya seni. Orang yang mengapresiasi mungkin sudah mendapat pengalaman estetika karena sering melihat karya seni dan orang yang mengkritik mungkin sudah lebih mendalami dan paham akan karya seni



    ReplyDelete
  10. Nadia Oktafianti
    202146500015

    pada seni dua dimensi seniman menciptakan suatu karya yang di buat dengan aspek bentuk signifikan yang memiliki unsur garis titik bidang warna dll untuk membentuk sebuah emosi estetis, seniman dikatakan berhasil menciptakan karya apa bila penikmat seni dan pengapresiasi seni merasakan emosi apa bila melihat karya seniman tersebut, apabila penikmat seni tidak merasakan emosi apa bila melihat karya seniman tersebut maka seniman tersebut dikatakan gagal. tetapi kita bisa melihat lg dengan teori estetika dimana karya seni bisa dilihat dari segi subyektif juga, dimana kita bisa menilai atau menikmati seni apabila kita mengetahui latar belakang karya seni tersebut jd penikmat seni walaupun awam tidak biasa melihat karya seni mereka tetap bisa menilai dari segi subyektif walau tidak dari objektif.

    ReplyDelete
  11. Fathimah Azzahra
    202146500039

    Seorang seniman (seniman, desainer, artisan, pengrajin, dan sebagainya) mengolah unsur-unsur seni  sesuai dengan bakat dan kepekaannya dalam menghasilkan sebuah karya seni. Karya seni dapat memenuhi kebutuhan emosional seseorang. Orang yang menyaksikan karya seni yang luar biasa mungkin mengalami kegembiraan atau emosi lainnya. Karya seni dua dimensi dapat menjadi hiburan bagi orang yang melihatnya. Semakin indah karya seni, semakin geli orang yang melihatnya. Mengingat sifat orang, yang benar-benar lebih suka melihat hal-hal indah.

    ReplyDelete
  12. Fina ika widiana
    202146500063

    seniman ialah sang pencipta seni, yang membuat sebuah karya seni tersebut.
    penikmat seni ialah seseorang yang merasa tertarik terhadap suatu karya dan hanya menikmati nya semata saja,
    apresiasi seni ialah menghayati seni tersebut meresapi dalam hati mengenai makna dan arti kiasan dalam seni lukisan tersebut bagaimana cara kita memahami serta memberi arti terhadap suatu karya seni tersebut

    ReplyDelete
  13. Muhamad Raihan Prasetyo
    202146500041

    Seniman merupakan seorang yang menuangkan semua perasaannya kedalam sebuah karya seni, seorang penikmat seni merupakan seseorang yang menikmati hasil karya seni dari seorang seniman tersebut, dan mereka bisa merasakan pesan atw perasaan yang dituangkan oleh seniman yang ada di dalam karya seni tersebut. apresiasi seni merupakan prosen seseorang penikmat seni yang menilai sebuah karya seni mulai dari unsur-unsur dan elemen-elemen yang ada dalam karya seni tersebut

    ReplyDelete
  14. Muhammad Rizki
    202146500029

    Penghayat atau Penikmat Seni merupakan seseorang yang sadar akan bentuk estetis, yang sanggup mewadahi dan memacu terciptanya beragam makna dengan nilai-nilainya pada sebuah karya. Berbekal dari pengalaman, penghayat seni mampu berperan sebagai pendukung pengembangan kehidupan seni. Penikmat seni yang baik akan selalu haus akan pengalaman estetis yang sanggup menggugah gairah kehidupan manusiawi dengan ragam kekayaan batin yang mendalam.

    ReplyDelete
  15. Teuku andhika Tarihoran
    202146500058

    Peran seniman adalah merancang/mambuat sebuah karya bedasarkan emosional dan pengalaman nya.
    penikmat seni memiliki peran untuk menikmati,mengkaji,menganalisis suatu karya untuk mengetahui nilai apa yang terkandung di dalam karya seni terdebut.
    apresiasi seni dilakukan setelah proses perancangan seni dan menikmati seni terjadi biasanya terjadi secara alami dari penikmat seni tersebut.

    ReplyDelete
  16. Antariksa Dipa Prabaswara
    202146500012

    Tanggapan saya mengenai hubungan dan peran apa saja yang dilakukan antara artis dan penikmat seni yaitu.
    Seniman memiliki peran untuk menciptakan sebuah karya seni yang indah, spektakuler , menarik, estetis, intinya seniman harus bisa menciptakan karya seni yang bisa membangkitkan pikiran dan emosi estetis, seniman juga bisa menciptakan karya dimana tersebut dapat memberikan pengalaman estetik untuk seseorang.

    Seorang penikmat seni biasanya memiliki selera dan pengetahuan yang tinggi terhadap sebuah karya seni, mereka bisa tau bagaimana bentuk karya seni yang estetik, dan dapat memberikan pengalaman estetis. Seniman dan penikmat seni merupakan subjek yang melakukan aktivitas apresiasi seni.

    ReplyDelete
  17. Nabila Yunidar
    202146500061

    peran seniman adalah sebagai kreator dalam menciptakan sebuah karya seni, semua ide, imajinasi, pemikiran dituangkan sehingga menghasilkan sebuah karya seni. Bagi seorang seniman karya seni itu mencitrakan pemikiran dan karakter psikologis dari si penciptanya.

    Penikmat seni adalah orang yang menganggumi atau mrnyukai sebuah seni serta mendukung dan terus melestarikan perkembangan seni.

    Apresiasi seni adalah proses penilaian atau penghargaan terhadap sebuah karya seni yang dilakukan oleh penonton atau penikmat karya seni.

    ReplyDelete
  18. Rista Khairunnisa
    202146500056
    Menurut saya, seniman adalah seorang pencipta karya seni, yang dimana karya seni tersebut mengandung emosi atau makna yang tertuang di karya yang dihasilkan, serta emosi atau pesan yang tertuang dalam karya tersebut dapat dirasakan juga oleh para penikmat seni. Sementara itu penikmat seni adalah subjek yang menikmati seni dengan cara melihat dan merasakan, berbeda dengan penghayat seni yang menikmati seni tidak hanya dengan melihat tapi dengan menganalisis karya seni tersebut secara kritis dan mendalam. Kemudian apresiasi seni adalah bentuk atau cara menghargai yang dilakukan oleh penikmat dan penghayat seni terhadap karya seni yang dihasilkan oleh seorang seniman.

    ReplyDelete
  19. Luhur pambudi
    202146500081

    Menurut saya peran seniman dalam karya seni sangat penting karna seniman adalah penentu kualitas dan kuantitas seni itu sendiri, penikmat seni juga sangat mendukung terwujudnya keberhasilan suatu karya seni, peran seorang apresiasi seni akan dapat menunjang hasil karya seni menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  20. Bayu krisuta
    202146500069

    Menurut saya seniman adalah seorang yang dapat membuat karya yang dapat di dikmati oleh si penikmat seni dan biasanya karya tersebut memiliki nilai dan emosi pada karyanya tersebut, lalu penikmat seni menurut saya iyalah orang yang dapat merasakan emosi dari suatu seni

    ReplyDelete
  21. Revanina Rifdah
    202146500065

    Menurut saya peran seniman itu yang sebagai pencipta atau membuat suatu karya seni, kalau penikmat seni itu orang yang menikmati atas ke estetikaanya suatu karya seni yang dibuat oleh seniman, kalau Apresiasi seni itu sebuah proses sadar yang dilakukan oleh penghayat maupun penikmat seni dengan cara mengapresiasi/memuji/menghargai terhadap suatu karya seni yang dibuat oleh seniman.

    ReplyDelete
  22. Ita Puspita Sari
    202146500053

    Menurut saya seniman adalah orang yang membuat suatu karya, sedangkan penikmat karya sendiri itu orang-orang yang melihat dan menikmati karya seni yang di buat oleh seniman, penikmat seni sendiri bisa jadi orang biasa yang sering melihat beberapa karya seni dan juga bisa seniman lain, kalau seniman menikmati karya dari unsur dan juga prinsip yang ada di dalam desain sedangkan orang biasa, bisanya menikmati karya seni itu dari meneliti melihat dan juga menjiwai lukisan itu sendiri

    ReplyDelete
  23. Lis maniar bali
    202146500016

    Menurut saya penghayat seni yaitu seseorang yang sadar akan bentuk estetika, mewadahi dan memacu terciptanya beragam makna dengan nilai pada sebuah karya.

    - Sedangkan penikmat seni yaitu seseorang yg tertarik pada karya seni, pengaggum dan bisa jadi pembuat/pencipta karya seni.

    ReplyDelete
  24. Aufa Krisna Nugroho
    202146500051

    Peran seniman adalah menciptakan sebuah karya, dimana ia menyampaikan perasaan/emosinya yang didapatkannya, memlalui bentuk-bentuk estetis dalam sebuah lukisannya, yang dimana karya tersebut dapat dinikmati oleh penikmat seni atau penghayat seni.

    Penikmat senii adalah subjekk yang dapat menikmati senii dan mendapatkan pengalaman estetis darii sebuah karya tersebut. Lalu sama dengan penikmat seni, penghayat senii sama merasakan pengalaman estetis dari sebuahh karya, namun ia paham betul mengenai bentuk-bentuk estetis dari sebuah karya, dan dapat menganalisis sebuah karya, dapat menilai sebuah karya berhasil menyampaikan sebuah pesan atau tidaknyaa.

    Jadi dapat di artikan seniman adalah orang yang membuat karya dan berhasil memberikan pengalaman estetis bagi yang menikmati karyanyaa (pesan dari karya tersampaikan). Lalu penikmat adalah orang yang merasakan pengalaman estetis Ketika melihat karya dari sorang seniman. Dan penghayat seni tak hanya dapat merasakan pengalaman estetis saja, tetapii tau bagaim mana bentuk-bentuk estetis yang dapat menciptakan sebuah karyaa yang bagus.

    ReplyDelete
  25. Kevin Krisna Bayu
    202146500040

    Peran Seniman pada karya Dua dimensi adalah menciptakan sebuah karya seni yang berasal dari emosi dan perasaan seniman tersebut,yang dapat membuat ketika seseorang melihat lukisan itu dapat merasakan apa yang dilukis oleh seniman tersebut dengan kreatifitasnya di karya yang dibuatnya.

    Peran Penghayat/Penikmat seni merupakan peran yang dapat melihat serta mungkin bisa merasakan apa yang seniman itu buat,mungkin memang setiap penghayat tidak bisa melihat semua karya itu bagus karna sebagai penghayat mempunyai selera karyanya masing - masing.

    Peran Seniman dan Penghayat saling berkisanumbungan untuk menciptakan sebuah apresiasi seni yang dimana Seniman tidak hanya menuangkan emosi di karyanya namun keindahan juga agar dapat dilihat dan dicermati dengan baik oleh Penghayat/Penikmat seni.

    ReplyDelete
  26. Saddam Husein
    202146500045

    Seniman adaallah orang yang membuat atau berkarya untuk di nikmati sendiri atau oleh orang lain

    Penikmat seorang yang melihat dan mengamati keindahan keindahan pada karya seni


    ReplyDelete
  27. Nama :milarni Simanjuntak
    Npm :202146500001
    Kelas : r3A

    peran efektif menumbuhkan semangatlukisan atau karya seni lainnya merupakan sarana penyampaian ide yang paling mudah diserap masyarakat. Melalui karya seni pula, pemaknaan kembali kemerdekaan Indonesia dapat mudah tersampaikan.
    "Karena karya seni dapat menjadi simbol yang menggambarkan semangat perjuangan ,
    Apresiasi dapat diartikan berbagai pengalaman antara seniman penikmat karya bahkan menikmati karya seni sama artinya dengan menciptakan kembali kegiatan apresiasi seni berarti upaya memahami berbagai hasil seni dengan segala permasalahannya serta menjadi lebih peka terhadap nilai-nilai estetika yang terkandung di dalamnya dan mengerti sepenuhnya seluk beluk suatu hasil seni. Seseorang diharapkan mampu menikmati dan menilai karya tersebut dengan semestinya. Melalui apresiasi kesenian Indonesia seseorang dapat lebih mengenal dan menghargai budaya bangsa sendiri

    ReplyDelete
  28. Facrhi Muzhaffar
    202146500085

    Menurut saya seniman yang membuat karya karya dari pemikiran nya, kemudian di ungkapkan dengan cara melukis atau karya yang lainya


    Sedangkan penikmat seni atau penghayat seni memiliki peran untuk menikmati sekaligus menganalisis seperti apa karya seni yang baik dan memiliki nilai estetis di dalamnya. Seorang penikmat seni biasanya memiliki selera dan pengetahuan yang tinggi terhadap sebuah karya seni, mereka bisa tau bagaimana bentuk karya seni yang estetis, dan dapat memberikan pengalaman estetis.

    ReplyDelete
  29. Lucky Dharmawan
    202146500074

    Seni selalu berhubungan dengan estetika karena seni adalah ke indahan,Penghayat atau Penikmat Seni merupakan seseorang yang sadar penghayat seni mampu berperan sebagai pendukung pengembangan kehidupan seni menurut saya semuanya sama sama menguntungkan karena tanpa adanya penikmat seni karya seni tidak ada artinya dimata masyakarat.

    ReplyDelete
  30. Mohammad Noer Idham
    202146500070

    Menurut saya, seniman ialah pencipta dari sebuah karya, yang mana setiap karya yang dibuatnya terdapat emosi yang tertuang, serta makna didalamnya. Seniman selain menjadi pencipta, ia berperan juga sebagai penghayat/penikmat seni, karena penghayat/penikmat Seni merupakan orang yang sadar akan bentuk estetis, yang sanggup mewadahi dan memacu terciptanya beragam makna dengan nilai-nilainya pada sebuah karya. Setiap karya yang diamati oleh seniman akan menghasilkan pengalaman estetis bagi seniman yang kemudian nantinya akan diapresiasi dengan caranya sendiri.

    ReplyDelete
  31. Latika Umaeroh
    202146500013

    Menurut pemahaman saya, ketika ada sebuah karya seni dua dimensi. Peran seorang seniman ialah menciptakan dan menyusun sebuah karya seni tersebut. Lalu, untuk seorang penikmat berperan sebagai orang yang dapat menyadari sebuah bentuk estetis serta memahami nilai-nilai yang terkandung di dalam karya seni. Sedangkan apresiasi seni merupakan sebuah sikap menghargai karya seni orang lain.

    ReplyDelete
  32. Rafif athallah ardana
    202146500019

    Bagi perupa, kritik seni berfungsi untuk mendeteksi kelemahan, mengupas kedalaman, serta membangun kekurangan pada karya seninya. Sedangkan bagi apresiator atau penikmat karya seni, kritik seni membantu memahami karya, meningkatkan wawasan dan pengetahuannya terhadap karya seni yang berkualitas.

    ReplyDelete

Featured Post

Materi 6: RAGAM HIAS PADA WASTRA INDONESIA

Powered by Blogger.